Visi      
Maksud dan tujuan dibuatnya Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban Pemerintah Desa adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan Kepala Desa dalam menjalankan roda Pemerintahan Desa baik dalam bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakat, juga kendala/ kesulitan yang dihadapai selama kurun waktu satu tahun. Keberhasilan dalam kegiatan, semakin mendekatkan Visi Desa Semen yang dirumuskan dalam RPJMDesa. 
Meningkatkan Sumberdaya Manusia yang dilandasi ahlak mulia serta menciptakan Desa Swasembada Pagngan menuju Kesejahteraan dan Kemandirian Masyarakat
Misi
Misi Desa Semen merupakan turunan dari Visi Desa Semen. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain, Misi Desa Semen merupakan penjabaran lebih operasional dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Semen.
Dalam meraih Visi Desa Semen seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah Misi Desa Semen :
1 Pembinaan Mental dan Spritual di mulai dari Sekolah dan Masyarakat
2 Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3 Meningkatkan taraf pendidikan melui Pelatihan dan Penyuluhan
4 Meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam berswadaya Pembangunan
5 Menggali sumberdaya Alam untuk kemakmuran rakyat
6 Memberdayakan seluruh lapisan Masyarakat untuk menggali dan mengembangkan sumberdaya yang dimiliki Desa.
7 Meningkatkan pelayanan umum
8 Menjaga  Kelestarian dan menumbuhkembangkan budaya dan Kesenian lokal
9 Menciptakan disi Kontertip aman Demokratis berlandaskan keselarasan dan bersasarkan undang undang yang berlaku